Salam hangat sahabat…

Kali ini Ilalang akan menelisik sedikit tentang gimana sich jadi seorang pendidik/guru yang kreatif.  Sudah pasti sebagai pendidik yang baik akan terus berinovasi menjadi lebih kreatif agar menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Sahabat,

Sulit gak sieh menjadi guru yang kreatif dan inovatif?

Sulit gak sieh  menjadi guru yang kreatif dan inovatif ?

Mau tau jawabannya?

Jawabannya adalah “TIDAK” .Sebelum kita membahas yang lebih lanjut , kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan kreatif dan Inovatif. Kreatif merupakan suatu kondisi dimana seseorang memiliki kemampuan daya cipta. Seseorang yang memiliki dayakreasi tinggi sering pula orang tersebut kreativitasnya tinggi. Sedangkan ,Inovatif merupakan sifat pemba-ruan atau kreasi baru. Kreasi ini bisa berhubungan dengan pendekatan, metode, atau gagasan.. Dengan katalain inovatif berarti kemampuan untuk.memperkenalkan sesuatu yang baru.Dua sifat itu sangat dibutuhkandalam dunia pendidikan kedepannya karena perkembangan dan kemajuan sains dan teknologi. Mengapadua sifat itu dibutuhkan? Jawabannya adalah agar membawa kondisi pembelajaran yang kondusif secara ke-seluruhan. Siswa akan bosan dengan metode pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, kita membu-tuhkan guru yang kreatif dan inovatif. Untuk menjadi guru yang memiliki dua sifat tersebut, ada beberapatips. Kuasai materi sebelum mengajar Materi pelajaran perlu disiapkan oleh para guru dengan mempertimbangkan karakteristik dan kemampuan peserta didiknya. Seorang guru harus mengolah materi pelajaran dalam urutan yang logis yang dapat diajarkan (teacable) dan diterima (accessible). Pemilihan metode/pendekatan pembelajaran (penggunaan IPTEK) Memilih metode dan pendekatan yang sesuai dengan topik bahasan. Metode yang diterapkan ha- ruslah yang menarik sehingga peserta didik tidak bosan, misalnya sesekali menggunakan LCD di kelas sehingga semua materi tersampaikan kepada peserta didik. Pengajar dan peserta didik juga harus aktif bertanya satu sama lain, sehingga suasana kelas tampak hidup. Pembuatan dan penggunaan sarana pembelajaran Rancangan pengalaman belajar dapat diimprovisasi dengan memnafaatkan potensi daerah sebagai sarana atau media pembelajaran, misalnya dengan menggunakan barang-barang bekas seperti botol aqua , stereofoam menjadi roket air yang menunjukkan kreativitas dan inovasi. Pengelolaan kelas dan/atau laboratorium Menata kelas dan laboratoium sesuai metode/pendekatan yang dipili dapat mengubah suasana bela- jar. Posisi meja/kursi berbentuk huruf U atau V sangat cocok untuk metode demonstrasi dan diskusi. Posisi duduk siswa yang berhadap-hadapan tanpa mengubah posisi kursi efektif untuk kerja kelompok. Posisi duduk dapat disesuaikan dengan metode yang sedang diterapkan.

Nah, demikian sekilas tips agar menjadi pendidik yang kreatif dan inovatif. Selanjutnya, coba diterapkan saat pembelajaran berlangsung, insya allah menjadi lebih menyenangkan.

Semoga bermanfaat….

Ilalang Senja