Salam hangat sahabat…

Nah, kali ini Ilalang akan berbagi tips buat para orang tua yang ingin memilihkan sekolah buat putra-putrinya. Apa saja sich yang jadi bahan pertimbangannya. Yuk simak baik-baik, siapa tau bermanfaat Hlo….

Memilih sekolah yang tepat untuk anak kadangkala merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Banyak sekolah yang tersebar di kota tempat kita tinggal, tetapi banyaknya pilihan tak membuat memilih sekolah lantas menjadi mudah.
Banyak yang merasa untuk memilih sekolah gampang-gampang susah,Setiap orang tua maupun peserta didik mempunyai kriteria sendiri dalam menentukan sekolah mana yang tepat bagi anak-anak mereka. Seringkali kriteria sekolah yang ideal menurut orang tua susah dipertemukan dengan kenyataan yang ada.
Berikut adalah tips dan cara memilih sekolah untuk anak :
1. Sesuaikan kemampuan dan minat anak
Jangan sampai minat anak belum terbangun dan anak dipaksakan untuk sekolah. Ujung-ujungnya malah bisa merepotkan orang tua maupun pihak sekolah. Apalagi kalau ibu juga bekerja di luar rumah. Sebaiknya minat dan kemauan anak agar mau masuk sekolah harus dilatih sejak dini. Agar anak semangat bersekolah maka bisa dikomunikasikan dengan anak dan ajak anak untuk ikut survey ke sekolah. Berikan penjelasan kelebihan-kelebihan sekolah.
2.Memilih lokasi sekolah
Mengenai lokasi para orang tua bisa memilih sesuai kebutuhan yang paling terpenting adalah faktor keselamatan anak pada waktu mau berangkat maupun pada waktu pulang sekolah
3.Menyesuaikan dengan anggaran
Anak sekolah di tempat yang bergengsi dan mahal juga bukan merupakan jaminan bahwa anak tersebut akan menjadi anak yang cerdas. Karena masih tergantung dengan kemampuan anak
4. Fasilitas sekolah
fasilitas juga akan membantu anak untuk tetap semangat dan betah di sekolah. Tapi yang paling penting adalah sarana komunikasi antara pihak sekolah dan wali murid. Sebaiknya para orangtua mencari sekolah yang ada fasilitas ini. Karena ini sangat bermanfaat untuk kontrol orang tua kepada anaknya.
5.Kenali karakter anak dan kebutuhannya untuk menentukan sekolah yang sesuai dengan anak.
6. Dapat membantu pencapaian tujuan jangka panjang orangtua untuk anak masing-masing. Artinya sekolah harus memiliki nilai-nilai yang sama dengan orangtua. Misalnya bila orangtua menginginkan anak memiliki kemandirian, apakah sekolah tersebut melakukan hal-hal yang bisa membuat anak mandiri atau selalu membantu anak dalam melakukan segala sesuatu sehingga tidak melatih kemandirian anak. Hal ini bisa dilihat pada saat kunjungan ke sekolah. Selain berbicara dengan kepala sekolah, sempatkan untuk berbicara dengan guru, murid, atau mungkin orangtua lain yang ada di sekolah.

Semoga bermanfaat!!!

Salam hangat ^_^