Sebuah penguatan diri….Janganlah Engkau Bersedih…

Inilah hidup, inilah garis Allah, inilah takdir, dan inilah ketentuan dzat yang maha penggenggam nyawa ini. Hidup, mati, rezeki, jodoh adalah hal yang mutlak bagi Allah. Tak ada yang terasa sulit bagiNya, semuanya begitu mudah. Semua ketetapan begitu terdesain dengan sempurna. Dan kita, layaknya hamba hanya mampu menjalani setiap roda putaran hidup ini dengan pilihan yang berseberangan, menerima atau mengeluh, menerima atau meberi, merasa menang atau mengalah, gembira atau bahagia, cinta atau benci, suka atau duka, puas atau berkecil hati dan memaafkan atau mendendam.

Ya Robb, di cermin diri yang tak mampu kutemukan siapa sesungguhnya diri ini, sering kali diri ini merasa mengeluh, merasa seorang diri, tersisih, sendirian, terasing, terombang-ambing, terpuruk, terjatuh, bahkan serasa terjungkal pada arus yang begitu menyedihkan, pada moment yang begitu menyebalkan untuk dilalui dan dilewatkan dalam perjalanan hidup ini.

Ya Allah, yang maha menggenggam hidup ini, bukan sebuah pembelaan atau ingin merasa dikasihani, sering diri ini merasa begitu kufur dan jauh sekali dariMu. Sulit rasanya batin ini ikhlas menerima takdirMu, sulit pula rasanya hati ini belajar menjadi bijaksana dan dewasa. Sering berfikir, mengapa hidup ini tak semudah yang dibayangkan, tak semanis madu, tak seharum kasturi, tak seelok kupu-kupu yang tengah bangga memperlihatkan kepakan sayapnya. Hidup ini justru sering menjadikan diri ini lalai, lupa, bosan, jengah, dan tentu saja sering mengeluh.

Ya Robb, yang maha penguasa langit dan bumi….
Mungkin memang hidup ini terasa begitu menjemukan untuk dijalani, tetapi di bawah sadar diri ini, sungguh tak bisa dipungkiri aka ada sebuah hikmah besar disetiap kejadian yang Engkau berikan. Akan ada sebuah keajaiban yang bisa membuka pintu tawa dan bahagia bagi jiwa ini, akan ada sebuah kebaikan melimpah dari setiap garis takdir yang Engkau coretkan dalam buku takdir kami.

Saudaraku, mungkin sering kali kita merasa kesal, sedih, terluka, jengkel dan mungkin seabrek perasaan menyebalkan lainnya yang menerpa diri kita. Tapi ingatlah, bahwa Allah selalu bersama kita, Allah selalu mengobati segala kegundahan hati ini, Allah selalu memberikan penawar yang sangat ampuh untuk mengusir kegalauan kita. Ingat, dan yakinlah, bahwa Allah selalu bersama kita. Hidup ini memang menjajikan, tetapi akan lebih menjanjikan jika seluruh hidup ini bisa kita dedikasikan untukNya. Tak perlu merasa ragu, tak usah merasa bimbang. Hidup ini indah…hidup ini barokah.

Ingatlah Allah, senyumlah kala luka merobek hatimu, kala sendu mengalir dalam setiap pembuluh nadimu. Tegar dan kuatlah…

Untuk diriku sendiri, ayo bangkit dan lihatlah begitu banyak kebaikan menunggu di hadapanmu. Usir segala gundah itu, lenyapkan segala resah yang kini tengah menggelayut dalam langit jiwamu. Bismillah, La Tahzan…