Di sudut ruangan, berdampingan aula sekolah….

Di ruangan itulah, untuk terakhir kalinya aku memberikan nasihat kepada anak-anakku. Mereka yang telah usai menuntaskan masa belajar mereka di tempat ini. Setelah 6 tahun lamanya, dengan penuh perjuangan dan semangat yang luar biasa, Allah memberikan sebuah nilai yang sangat pantas untuk anak-anakku kelas 6.

Tak kuasa rasanya hati ini menahan sesak, sesak antara rasa bangga yang penuh gemuruh di dalam dada, dan rasa kehilangan mereka. Mereka yang telah menemani langkah perjuangan ini. Mereka yang tulus mencintaiku, menganggapku layaknya ibu bagi mereka saat kami berada di lingkungan sekolahan, mereka yang tak pernah sekalipun membantah saat kumintai tolong, dan mereka yang senantiasa membuat hari-hariku terasa begitu berarti.

“Ustad, jangan pernah lupakan kami ya”,,,,kata beberapa muridku waktu itu. Dan sesaat kemudian, yang lainpun ikut bersuara kompak.

“Iya, Ust, jangan lupakan kami”!. Kalau bisa ustad nanti mengajar di SMP saja, biar setiap hari kami bisa bertemu ustad lagi”, tambah mereka lagi.

Air matapun perlahan menetes membasahi pipi ini, bibir ini rasanya kelu, tak mampu berkata sepatah katapun.

Kurengkuh mereka, dan mereka mencium tangan ini dengan penuh tulus, ikhlas. Tak bisa kupungkiri akupun kehilangan mereka.

Air mata merekapun tumpah,,,

Nak, ingatlah pesan ustad ini: “Terbanglah, Nak, Terbanglah! , Terbang dengan kepakan sayap terhebat kalian”

Kelak, kalian akan jadi orang-orang hebat, kalian akan jadi generasi insani yang cerdas dan berwawasan luas…”

Dan pada akhirnya…kamipun saling berpelukan dan perlahan langkah-langkah kecil itu menghilang…

Ya Allah, indah sekali rasanya kenangan itu. Memikirkannya saja membuat dada ini bergetar. Bergetar karena rasa indu yang meletup-letup.

Dan terima kasih ya Allah, mereka kini setiap saat kembali. Kembali menemuiku dengan cerita-cerita yang membanggakan untuk didengarkan. Cerita penuh prestasi yang luar biasa…

Terima kasih ya karim, Engkau telah hadirkan mereka dalam hidup ini,,,

Aku sungguh bahagia, Nak…

Kupersembahkan setiap doa untuk kalian, jadilah anak yang hebat!!!

Di tengah malam, di kota Boyolali : 1 September 2012

Ustad mengenang kalian sayang, anak-anakku kelas 6 SD Muhammadiyah….

Selamat berjuang sayang, selamat berjuang menorehkan tinta-tinta emas dalam hidup kalian.