PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI (enam) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya. – Menyebutkan contoh hewan tertentu yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya (kelelawar, cicak, bebek)
– Menjelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu (kelawar, bebek, cicak)
– Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu dengan tempat hidupnya Ciri khusus beberapa jenis hewan 2 JP
2. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tum-buhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya. – Menyebutkan 2 contoh tumbuhan yang memiliki ciri khusus
– Menyebutkan ciri khusus tumbuhan tertentu (kaktus dan tumbuhan pemakan serangga)
– Menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan kaktus, dan tumbuhan pemakan serangga dengan lingkungan hidupnya Ciri khusus beberapa jenis tumbuhan 2 JP
Uji Kompetensi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP

Mengetahui, Boyolali, … Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA

Much. Fuat Setiawan, S.Pd. Anik Soffiyati, S.Pd.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI (enam) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
2.1. Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia. – Menjelaskan perkembangan pada manusia
– Menjelaskan tahapan pertumbuhan pada manusia dari bayi sampai lanjut usia Perkembangan dan pertumbuhan manusia 2 JP
2.2. Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan. – Menyebutkan ciri-ciri perkembangan fisik pada anak laki-laki (perubahan suara, tumbuhnya kumis)
– Menjelaskan pengaruh dari perubahan fisik anak laki-laki
– Menyebutkan ciri-ciri perkembangan fisik pada anak perempuan (misal, payudara, membesar, haid)
– Menjelaskan pengaruh dari perubahan fisik pada anak perempuan (diajarkan secara terpisah dari anak laki-laki) Ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan 2 JP
2.3. Mengidentifikasi cara perkembang-biakan tumbuhan dan hewan. – Menyebutkan cara perkem-bangbiakan tumbuhan (vegetatif dan generatif)
– Menjelaskan perkembang-biakan tumbuhan secara vegetatif
– Mengumpulkan data dari berbagai tumbuhan cara tumbuhan memperbanyak diri
– Mendemon-trasikan berbagai cara membiakan tumbuhan misal stek, mencangkok
– Mengidentifikasi bagian-bagian bunga sebagai alat perkem-bangbiakan tumbuhan
– Menjelaskan peran penyer-bukan dalam perkembang-biakan tumbuhan
– Mengidentifi-kasikan tumbuhan bagian biji sebagai alat perkembang-biakan Perkembangbiakan tumbuhan 8 JP
– Menyebutkan cara perkem-bangbiakan hewan
– Membedakan berbagai cara hewan berkem-bangbiak, misalnya reptile, ikan dan ampibi
– Membedakan ciri-ciri antara hewan berkem-bangbiak dengan cara bertelur dan berkembangbiak dengan melahirkan Perkembang-biakan hewan 4 JP
2.4. Mengidentifi-kasi cara perkembang-biakan manusia. – Mengidentifikasi cara perkem-bangbiakan manusia
– Menjelaskan faktor-faktor perkembangan manusia (kelahiran, urbanisasi, imigrasi)
– Menjelaskan akibat-akibat meningkatnya perkembangan manusia
– Menjelaskan cara menanggulangi perkembangan manusia (keluarga berencana, transmigrasi) Perkembang-biakan manusia 2 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP
Mengetahui, Boyolali, … Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA

Much. Fuat Setiawan, S.Pd. Anik Soffiyati, S.Pd.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI (enam) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
3.1. Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem) – Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mem-pengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
– Menjelaskan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk buatan dan pestisida secara berlebihan Pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan 2 JP
3.2. Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak-seimbangan lingkungan. – Menjelaskan bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia dan pengaruh pada pemusnahan seperti kayu jati, kayu cendana
– Menjelaskan akibat penggunaan tumbuhan terhadap ketidakseim-bangan lingkungan
– Menjelaskan cara mengatasi ketidakseim-bangan lingkung-an akibat peman-faatan tumbuhan yang tidak bijaksana Bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia 4 JP
3.3 Mengindentifikasi bagian tumbuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak-seimbangan lingkungan – Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya seperti gading gajah, cula badak, kulit harimau
– Menjelaskan akibat pemanfaatan bagian tubuh hewan terhadap keseimbangan lingkungan
– Menjelaskan alternatif cara menanggulangi bagian tubuh hewan agar hewan tidak cepat punah
– Menjelaskan cara mengatasi ketidakseim-bangan lingkungan akibat pemanfaatan tubuh hewan yang tidak bijaksana Bagian tubuh hewan yang dimanfaatkan 6 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP

Mengetahui, Boyolali, … Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA

Much. Fuat Setiawan, S.Pd. Anik Soffiyati, S.Pd.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI (enam) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
4.1. Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan. – Mencari informasi tentang hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
– Membuat daftar tentang hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
– Menentukan usaha yang telah dilakukan untuk mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan Hewan dan tumbuhan yang hampir punah 2 JP
4.2. Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat. – Menjelaskan pentingnya makhluk hidup dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan alam
– Menjelaskan cara pelestarian makhluk hidup supaya tidak cepat punah
– Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk dalam hubungannya dengan kehidupan masyarakat Pelestarain makhluk hidup 2 JP
Uji Kompetensi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP

Mengetahui, Boyolali, … Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA

Much. Fuat Setiawan, S.Pd. Anik Soffiyati, S.Pd.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI (enam) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda.

BENDA DAN SIFATNYA
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
5.1. Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda. – Melakukan percobaan untuk menyelidiki kemampuan benda dalam menghantarkan panas dan tidak dapat menghan-tarkan panas
– Menggolongkan benda yang bersifat konduktor dan isolator
– Memmbedakan benda/bahan yang bersifat menghantarkan panas dan tidak dapat/lambat menghantarkan panas Konduktor dan isolator 2 JP
5.2. Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas. – Membuat daftar nama-nama alat-alat dapur yang bersifat konduktor dan isolator
– Menentukan berbagai benda yang dapat menghantarkan panas dalam kehidupan sehari-hari
– Menentukan berbagai benda yang bersifat bahan isolator dalam kehidupan sehari-hari
– Memberikan alasan memilih benda tertentu berdasarkan kemampuan menghantarkan panas Pemanfaatan benda dalam kehidupan 4 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP

Mengetahui, Boyolali, … Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA

Much. Fuat Setiawan, S.Pd. Anik Soffiyati, S.Pd.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI (enam) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 6. Memahami faktor penyebab perubahan benda.

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
6.1. Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan. – Mengamati gambar dan benda-benda disekitar lingkungan yang mengalami perubahan, pelapukan, perkaratan, pembusukan
– Menyebutkan hasil pengamatan bahwa perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi (suhu, kelebaban, bakteri)
– Menggolongkan perubahan faktor-faktor yang mempengaruhi Penyebab perubahan benda 6 JP
6.2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari. – Mengidentifikasi sifat-sifat benda/bahan untuk keperluan tertentu, misal-nya karet sifatnya lentur, logam bersifat meng-hantarkan panas, kayu bersifat meng-hambat panas, plastik bersifat kedap air
– Menentukan jenis bahan /benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
– Memberikan alasan penggunaan suatu benda tertentu untuk tujuan tertentu Sifat bahan /benda dan kegunaan benda 4 JP
Uji Kompetensi 2JP
Remedial 2JP
Pengayaan 2JP
Uji Kompetensi Akhir 2JP

Mengetahui, Boyolali, … Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA

Much. Fuat Setiawan, S.Pd. Anik Soffiyati, S.Pd

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI (Enam) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi.

ENERGI DAN PERUBAHANNYA
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Januari Pebruari Maret April Mei Juni
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
7.1. Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat-jungkit, ketapel/ model traktor sederhana energi pegas). – Merancang model
– Menentukan bahan dan alat yang sesuai
– Menentukan hubungan antara beban, jarak dan gerak pada jungkat jungkit
– Menentukan gaya pegas dengan gerak benda
– Menentukan hubungan antara gaya gesek dengan gerak benda
– Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda
– Menyebutkan alat-alat yang berhubungan dengan gaya gerak Gaya dan gerak 4 JP
7.2. Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik. – Mengidentifikasi berbagai sumber listrik
– Menjelaskan cara perpindahan energi listrik
– Membuat rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi
– Menyebutkan alat-alat yang menggunakan arus listrik
– Mendeskripsikan perubahan energi listrik menjadi energi lain, misalnya : energi listrik  energi gerak, bunyi dan panas
– Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik
Perpindahan dan perubahan energi listrik 4 JP
Uji Kompetensi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP

Mengetahui, Boyolali, … Juli 2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA

Much. Fuat Setiawan, S.Pd. Anik Soffiyati, S.Pd

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI (Enam) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 8. Memahami pentingnya penghematan energi

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Januari Pebruari Maret April Mei Juni
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
8.1. Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam peng-ematannya dalam kehidupan sehari-hari. – Menunjukkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik sebagai sumber energi
– Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari
– Menentukan besar energi listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
– Menunjukkan penggunaan energi bentuk lain di dalam lingkungan rumah tangga, misal minyak tanah untuk memasak
– Memberikan alasan-alasan pentingnya menghemat energi
– Menjelaskan cara menghemat energi listrik Penghematan energi 4 JP
8.2. Membuat suatu karya/ model yang meng-unakan energi listrik (bel listrik/ alarm/model lampu lalu lintas/kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah). – Membuat rancangan suatu karya/model/alat yang menggunakan energi listrik.
– Mengidentifikasi bahan dan berbagai alat yang sesuai rancangan dengan menggunakan energi listrik
– Membuat berbagai karya
– Mengidentifikasi hubungan antara benda/bahan yang digunakan dengan kinerja karyanya
– Menyempurnakan karya yang dibuat
Karya berteknologi sederhana 4 JP
Uji Kompetensi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP

Mengetahui, Boyolali, … Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA

Much. Fuat Setiawan, S.Pd. Anik Soffiyati, S.Pd.

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI (Enam) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

BUMI DAN ALAM SEMESTA
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok AW Januari Pebruari Maret April Mei Juni
3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
9.1. Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya. – Menjelaskan susunan tata surya
– Mengenali planet-planet yang beredar mengelilingi matahari
– Mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
– Mendiskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya
– Menginformasikan planet-planet yang mempunyai satelit
– Menjelaskan sifat-sifat planet/ satelit dan tata surya
– Menentukan posisi planet-planet dalam tata surya Sistem Tata surya 4 JP
9.2. Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, dan revolusi bulan. – Menjelaskan rotasi bumi dan akibatnya
– Mendemonstrasikan rotasi bumi dengan model rotasi bumi (globe)
– Menjelaskan revolusi bumi dan akibatnya
– Mendemonstrasikan gerakan revolusi bumi
– Menjelaskan akibat rotasi dan revolusi bulan dan akibatnya
– Mendemonsrasikan rotasi dan revolusi bulan mengelilingi bumi dengan model rotasi bumi (globe)
– Mendemonsrasikan rotasi dan revolusi bumi terhadap matahari Rotasi dan revolusi bumi 4 JP
9.3. Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari. – Mendemonstrasikan terjadinya gerhana
– Menggambarkan terjadinya gerhana bulan berdasarkan percobaan
– Menjelaskan sebab terjadinya gerhana matahari
– Menggambarkan terjadinya gerhana matahari berdasarkan percobaan
– Menjelaskan sebab terjadinya gerhana matahari
– Menjelaskan macam-macam gerhana matahari Gerhana bulan dan gerhana matahari 4 JP
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender hijriyah. – Menjelaskan sistem kalender Masehi dan kalender hijriah
– Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi
– Menjelaskan dasar perhitungan kalender hijriah Kalender Masehi dan kalender hijriah 4 JP
Uji Kompetensi 2 JP
Remedial 2 JP
Pengayaan 2 JP
Uji Kompetensi Akhir 2 JP

Mengetahui, Boyolali, …Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA

Much. Fuat Setiawan, S.Pd. Anik Soffiyati, S.Pd.