“Dan barangsiapa yg bertawakkal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupkan . Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”

Pentingnya Sikap Tawakkal Diantara ciri-ciri kokohnya keimanan seseorang kepada Allah swt adl sikap pasrahnya yg kuat kepada keputusan Allah swt dalam segala urusan hidupnya baik dikala senang ataupun diwaktu susah. Ia yakin bahkan Allah swt Maha Pengatur Maha Kuasa dan Maha Bijaksana dalam melakukan dan menentukan apa saja termasuk dalam hal memberikan rezeki kepada seseorang atau pun mencabutnya memberikan kemenangan kepada sesuatu golongan atau menimpakan kekalahan kepadanya mengangkat seseorang untuk menduduki sesuatu jabatan atau mencopotnya dan menjatuhkannya.

Sikap seorang muslim yang pasrah terhadap keputusan dan ketentuan Allah swt seperti ini adalah merupakan sikap tawakal.

Tawakal merupakan bekal hidup seseorang yang beriman yang bisa menjadikan dirinya tabah dalam menghadapi apapun bentuk cobaan atau musibah yang menimpanya. Dengan sikap tawakkal seorang mukmin akan merasa tenang dalam hidupnya. Bila ia mendapatkan kebaikan ia sadar bahwa Allah-lah yang memberinya untuk itu ia bersyukur. Bila ditimpa kesulitan atau mengalami musibah ia sadar bahwa itu datang dari Allah sebagai batu ujian dan ia yakin bahwa dibalik kesulitan dan musibah itu pasti ada hikmah dan kemaslahatan yg dikehendaki oleh-Nya. Untuk itu ia akan bersabar dan bertawakal

Seorang mukmin dalam situasi apapun dan bagaimanpun kritisnya ia akan tetap percaya akan kemahkuasaan Allah swt. Ia akan memohon pertolongan-Nya maka dirinya akan tentram jiwanya tenang sikapnya tabah. Segala sepak terjangnya hanya bersandar kepada Allah swt. Sebab tanpa pertolongan Allah swt tindakan apapun yang dilakukan sistem apapun yang dijalankan strategi apapun yang diterapkan tak akan banyak artinya meskipun dikemas dengan rapi dan teratur. Untuk itulah Allah swt senantiasa memperingatkan orang beriman untuk jangan terpukau dengan kekayaan kepintaran kecerdasan kekuasaan karena semua itu tidak akan banyak berpengaruh bila tidak ada pertolongan atau bantuan dari Allah swt.
Wa