Tags

, , , ,

Keseimbangan Ekosistem
41
Kumpulkanlah foto atau gambar hewan dan tumbuhan langka yangdilindungi. Kalian dapat mengumpulkannya dari koran atau majalah bekas.Susunlah gambar-gambar tersebut menjadi sebuah kliping. Berilah keterangandi samping gambar tersebut. Keterangan meliputi nama hewan atau tumbuhan,ciri-ciri, dan tempat perlindungannya. Kumpulkan hasil karya kalian kepadaguru.
Materi IPA Kelas 6
Pelestarian Makhluk Hidup

Ekosistem terbentuk dari makhluk hidup dan lingkungannya. Ekosistemdapat berjalan seimbang jika tidak ada gangguan. Sebaliknya, adanyagangguan mengakibatkan ekosistem tidak seimbang. Contohnya adalahkepunahan suatu jenis makhluk hidup. Kepunahan dapat terjadi karenaperubahan lingkungan yang drastis. Kepunahan tersebut dapat mengurangikeanekaragaman makhluk hidup. Berkurangnya keanekaragaman menga-kibatkan keseimbangan ekosistem terganggu.Indonesia memiliki keanekaragaman makhluk hidup yang tinggi.Keanekaragaman akan berkurang jika pemanfaatannya tidak bijaksana. Olehkarena itu, pelestarian keanekaragaman makhluk hidup perlu dilakukan.Pelestarian tersebut bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat.Keanekaragaman makhluk hidup dapat memperkaya ilmu pengetahuan.Jenis hewan dan tumbuhan yang dipelajari semakin banyak. Dengandemikian, ilmu pengetahuan menjadi semakin luas. Masyarakat pun dapatbelajar secara langsung dari alam. Keanekaragaman jenis makhluk hidup juga menambah kekayaan bangsa.

Pelestarian makhluk hidup sangat penting untuk memenuhi kebutuhanmasyarakat. Masyarakat dapat mengambil berbagai manfaat dari hewan dantumbuhan. Pemanfaatan yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:
1. Mengambil tumbuhan dan hewan untuk memenuhikebutuhan. Misalnya, untuk bahan bangunan,makanan, obat, atau perhiasan. Hewan juga dapatdimanfaatkan tenaganya.
2. Menciptakan lingkungan yang nyaman dengantumbuhnya berbagai pohon. Pohon dapat mengurangipencemaran udara. Selain itu, pohon juga menyediakanoksigen yang menyegarkan.
3. Memanfaatkan hewan dan tumbuhan untuk membuattaman rekreasi. Masyarakat dapat menghibur diridengan tamasya ke taman rekreasi.
4. Menambah penghasilan dengan cara berjualan disekitar tempat rekreasi. Barang yang dijual dapatbermacam-macam. Contohnya, makanan, minuman,dan hasil kerajinan.

Lalu, bagaimanakah cara melestarikan makhluk hidup? Makhluk hidupdapat dilestarikan dengan beberapa cara berikut:
1. Menebang hutan secara terencana. Pohon yangditebang adalah pohon yang sudah tua. Penebanganpohon diiringi dengan reboisasi. Reboisasi adalahpenanaman kembali hutan yang telah ditebangpohonnya. Penebangan dengan cara ini dinamakansistem tebang pilih.
2. Melindungi dan mengembangkan hewan dan tum-buhan. Perlindungan terutama dilakukan terhadaphewan dan tumbuhan langka. Contohnya, hewandilindungi di suaka margasatwa dan kebun binatang.Tumbuhan dilindungi di hutan wisata, kebun raya, danhutan lindung. Selain itu, hewan dan tumbuhan dapatdilindungi di taman nasional dan cagar alam. Khusushewan dan tumbuhan laut, tempat perlindungannyaberupa taman laut.
3. Membantu perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.Perkembangbiakan tumbuhan dilakukan dengancara pembudidayaan. Adapun pada hewan, perkem-bangbiakan hewan dilakukan dengan penangkaran.Contohnya adalah penangkaran penyu.

Rangkuman
1. Beberapa kegiatan manusia dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.Kegiatan tersebut antara lain:perpindahan penduduk,penebangan dan pembakaran hutan secara liar,penggunaan bahan kimia secara berlebihan,penggunaan kendaraaan bermotor,pengeboran minyak di laut,perburuan liar, danperusakan terumbu karang.
2. Kelangkaan hewan dan tumbuhan dapat terjadi antara lain karena:ketidakmampuan menyesuaikan diri terhadap lingkunganperburuan liar yang dilakukan manusia.
3. Hewan dan tumbuhan langka adalah hewan dan tumbuhan yang jumlahnyatinggal sedikit.
4. Keanekaragaman makhluk hidup perlu dilestarikan. Pelestarian tersebutbermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Glosarium
Budidaya :usaha yang bermanfaat dan memberikan hasil
Cagar alam :tempat perlindungan bagi hewan dan tumbuhan dari kepunahan
Ekosistem :hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dan ling-kungannya
Hutan lindung :hutan yang dilestarikan untuk melindungi lahan
Hutan wisata :kawasan hutan yang dipelihara untuk kepentingan pariwisata
Kebun raya :kebun tempat memelihara pelbagai tumbuhan
Langka jarang ditemukan
Permukiman :daerah tempat bermukim
Reboisasi :penanaman kembali hutan yang telah ditebang pohonnya
Suaka margasatwa:tempat perlindungan khusus bagi hewan yang terancam punah
Taman laut :wilayah lautan yang mempunyai ciri khas berupa keindahan alam
Taman nasional :kawasan pelestarian alam yang dikelola untuk pelbagaikepentingan

Sumber : Buku BSE IPA Kelas 6 SD

About these ads